Desa Pandansari

Menuju Desa Berdikari Yang Amanah

 

DESA PANDANSARI SECARA GARIS BESAR

Administrator 19 September 2018 12:47:31 WIB

Pandansari adalah desa di kecamatan Kajoran, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Pandansari terletak pada perbatasan antara kabupaten Magelang dan kabupaten Wonosobo. Desa seluas 3,9 kilometer persegi ini dibagi kedalam tiga dusun. Terdiri dari dusun Pandansari, dusun Bumiharjo dan dusun Tanjungsari. Roda pemerintahan tingkat desa dipusatkan di Balai Desa Pandansari yang beralamat di Dusun Pandansari RT 003 RW 001. Di sebelah utara desa ini berbatasan dengan desa Sukorejo, di timur berbatasan dengan desa Pandanretno yang terpisah oleh aliran sungai. Sebelah selatan berbatasan dengan desa Wuwuharjo. Sedangkan sebelah barat berbatasan dengan wilayah Kabupaten Wonosobo.

Berdasarkan data Kecamatan Kajoran dalam Angka Tahun 2016, penduduk desa Pandansari berjumlah 1591 (2015) dengan kepadatan 408 jiwa per kilometer persegi

Dari sejak kemerdekaan Indonesia sampai sekarang desa Pandansari telah mengalami beberapa kali pergantian kepala desa baik definitif maupun pejabat (Pj) Kades. Berikut Kepala Desa definitif yang pernah memimpin Pandansari,

  1. Sanyoto Sastro Suwoto (mbah Glondong). Telah meninggal pada 2003.
  2. Sutopo ES. Sebelum menjadi kades merupakan Pak Carik (sekretaris desa). Telah meninggal.
  3. Adi Setia Tama. Pernah memimpin selama 2 periode.
  4. Hariyono (2011-sekarang)

Bukit Sinampik yang memiliki keindahan hutannya yang akan memanjakan mata bila melihatnya. Lokasi di atas pemukiman Sinampan sekaligus jalur tembus menuju dusun Patran (wilayah kabupaten Wonosobo) layak dikunjungi untuk melepas penat. Jalan tembus ini diusahakan dengan bergotong royong antara warga desa Pandansari dibantu TNI dari Kodim 0507 Magelang. Potensi ekonomi di wilayah Pandansari adalah cocok ditanami sayur mayur dan buah-buahan. Buah unggulan desa Pandansari adalah salak pondoh. pisang raja, dan pisang tanduk yang dalam bahasa setempat dinamakan gedhang byar.

Saat ini untuk fasilitas pendidikan baru terdapat 2 PAUD dan 1 SD. Pandansari memiliki PAUD Permata Hati di dusun Tanjungsari dan PAUD Pelangi Ceria di dusun Pandansari. Sedangkan SD Negeri Pandansari berada di dusun Tanjungsari. Bagi siswa SD di dusun Pandansari yang merupakan dusun paling selatan sehingga untuk menuju sekolah di sebelah utara sekitar 1,5 km maka pemerintah desa memfasilitasi dengan biaya angkudes gratis untuk berangkat ke sekolah. Terkait kesehatan desa ini hanya punya satu Balai Kesehatan Desa di dusun Tanjungsari yang sekaligus menjadi rumah dinas bidan desa. Untuk fungsi yang lain maka kegiatan di 3 Posyandu tetap di jalankan tiap bulan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Tautan Terkait

Link

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Kepala Desa Kasi Pelayanan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Pandansari

tampilkan dalam peta lebih besar